Motor Mio Soul GT merupakan jajaran andalan Yamaha yang menyematkan teknologi BLUE CORE ke mesin yang diusungnya. Berbagai perubahan pada penyematan teknologi baru ke dalam kendaraan roda 2 terkini sekaligus juga memunculkan berbagai masalah baru yang harus diatasi oleh pabrikan sepeda motor termasuk YAMAHA.
MIO SOUL GT keluaran 2014 saya awalnya mulus, namun ketika dilakukan pergantian roller dan V-Belt pada KM 15.000 2 bulan kemudian timbul getaran yang sangat membuat tak nyaman ketika mengendarai Soul GT saya. Mio Soul GT dibawa ke Bengkel lagi, namun masalah yang sama terus berulang. Masalah getaran pada motor yang berulang ini membuat saya hampir menjual motor MIO SOUL GT saya namun niat tersebut digugat ibu saya.
Namun kemudia karena penasaran, saya kemudian membongkar sendiri motor Soul GT saya sambil berharap trial & error dan berupaya mencari penyebab sumber getaran pada motor saya. Banyak situs internet yang memberikan solusi antara lain:
- Mengecek dan penggantian kampas rem Belakang (kampas ganda) serta mangkuk kampas gandanya
- Menggunakan Roller Original standar
- pembersihan elemen kertas saringan udara
- Pengecekan kemiringan puli primer (puli depan)
- pengecekan kekerasan pada per puli sekunder
- Pemberian Gemuk khusus pada Bosh Puli Primer merk yamaha
Setelah beberapa eksperimen pada motor saya, saya kemudian menemukan penyebab utama kenapa motor saya sering getar yaitu ketika pengaplikasian GEMUK pada bosh puli primer. perlu diketahui adalah bahwa pengaplikasian gemuk pada puli depan bertujuan baik, yaitu melumasi gerak puli yang terhubung dengan krek as, namun masalah yang terjadi adalah kebanyakan teknisi bengkel yang mengaplikasikan gemuk terlalu banyak pada bagian ini. efeknya adalah ketika terkena cipratan air ketika hujan maupun pada saat pencucian motor, air bisa merembes masuk dari air intake pada bagian bawah box CVT. Ketika terkena air maka sifat gemuk ini akan menjadi keras dan menyebabkan hambatan dalam gerak berputarnya (tersendat-sendat). efeknya yaitu tadi, bergetar dan membuat konsumsi BBM menjadi boros.
Solusi pada motor saya adalah dengan mengaplikasikan gemuk khusus bagian puli yang terdiri atas Gumuk puli primer (depan) dan puli sekunder (belakang). triknya adalah dengan mengolesi dengan sangat tipis gemuk pada bagian puli primer. Saya juga mengaplikasikan sedikit saja dengan jari dengan gemuk pada setiap roller agar gerak sentrifugalnya menjadi mulus. Efeknya adalah gejala bergetar pada motor Mio Soul GT saya menghilang.
Namun yang perlu diperhatikan kemudian setelah memperbaiki masalah getar pada daerah sekitar box CVT adalah:
- Memperhatikan kekerasan penguncian baut, harus erat putaranya tapi jangan sampai terlalu keras.\
- Membersihkan semua elemen saringan udara pada box CVT, baik Spons maupun Filter kertas saringan
- Pengaplikasian gemuk yang seperlunya saja, jika berlebihan dapat menyebabkan gemuk ini terlempar kemana-mana dan menyebabkan slek pada putaran v-belt dan dapat menyebabkan tarikan motor menjadi tersendat-sendat. ketika bekerja dengan gemuk tadi maka harus seminimal munkin bersentuhan dengan bagian lain pada area ini.
- Memperhatikan pemasangan paking box CVT, saya terkadang kesulitan memasangnya. yakinkan kalau tidak ada celah bagi air merembes masuk.
- Pemasangan baut filter udara agar lebih berhati-hati mengingat bahan ini terbuat dari plastik yang bisa membuat slek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar